Rabu, 30 Maret 2011

Aku Bangga Indonesia Dari Segi Ekonomi

Tugas Mata Kuliah
Perekonomian Indonesia
Tentang
”Aku Bangga Indonesia Dari Segi Ekonomi”








Disusun Oleh :

Netti Ana Rachmayati
(24210944)




KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan dari-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang Perekonomian Indonesia,yang disajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber buku dan internet.
Makalah ini memuat tentang “Aku Bangga Indonesia Dari Segi Ekonomi” , karena penyusun ingin mendalami tentang Indonesia Dari Segi Ekonomi penulis memberi penjabarannya tentang judul tersebut.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Dengan demikian penyusun mengucapkan terima kasih.





Bekasi, Maret 2011

Penulis






BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Indonesia sebagai negara keupulauan (nusantara) memiliki ciri-ciri khusus, yang berbeda dengan negara tetangga ASEAN, bahkan berbeda dengan negara-negara laindi dunia sehingga perekonomiannya memiliki karakteristik sendiri.Indonesia mempunyai karakteristik dala, perekonomiannya,antara lain :
Faktor geografi
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri dari 13.677 pulau besar – kecil (baru 6.044 pulau memiliki nama, diantaranya 990 pulau yang dihuni manusia); terbentang dari 60LU sampai 110LS sepanjang 61.146 km., memiliki potensi ekonomi yang berbeda-beda karena perbedaan SDA, SDm, kesuburan tanah, curah hujan (Sutjipto, 1975).
Wilayah Indonesia seluas 5.193.250 km2, 70 persennya (± 3,635,000 km2) terdiri dari lautan (menjadi negara bahari) letaknya strategis karena : memiliki posisi silang (antara Benua Asia dan Benua Australia), menjadi jalur lalulintas dunia (antara Laut Atlantik dan Laut Pasifik) dan menjadi paru-paru dunia (memiliki hutan tropis terbesar).
Menghadapi kesulitan komunikasi dann transportasi antar pulau (daerah) baik untuk angkutan barang maupun penumpang; arus barang tidak lancar; perbedaan harga barang yang tajam; perbedaan kesempatan pendidikan dan kesempatan (lapangan) kerja; kesemuanya itu merupakan potensi kesenjangan.

2.Faktor Demografi
· Indonesia negara nomor 4 di dunia karena berpenduduk lebih dari 310 juta orang. Penyebaran penduduk tidak merata (dua per tiga tinggal di P. Jawa), sebagian besar hidup di pedesaan (pertanian), bermata pencairan sebagai petani kecil dan burah tani dengan upah sangat rendah.
· Mutu SDM rendah : ± 80% angkatan kerja berpendidikan SD. Produktivitas rendah karena taraf hidup yang rendah: konsumsi rata-rata penduduk Indonesia RP 82.226 per bulan (1993), namun 82% penduduk berpendapatan di bawah RP 60.000 per bulan per kapita (Sjahrir, 1996).
· Indonesia yang berpenduduk lebih dari 210 juta orang membutuhkan berbagai barang, jasa dan fasilitas hidup dalam ukuran serba besar (pangan, sandang, perumahan dan lain-lain). Namun dilain pihak kemampuan kita untuk berproduksi (produktivitasnya) rendah. Hal ini akan menciptakan kondisi munculnya rawan kemiskinan.

3.Faktor sosial, budaya dan politik
· Sosial : Bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku (heterogin) dengan beraagam budaya, adat istiadat, tata nilai, agama dan kepercayaan yang berbeda-beda. Karena perbedaan latar belakang, pengetahuan dan kemampuan yang tidak sama, maka visi, persepsi, interpretasi dan reaksi (aksi) mereka terhadap isu-isu yang sama bisa berbeda-beda, yang sering kali menimbulkan konflik sosial (SARA).
· Budaya : Bangsa Indonesia memiliki banyak budaya daerah, tapi sebenarnya kita belum memiliki budaya nasional (kecuali bahasa Indonesia). Namun sebagai salah satu bangsa “Timur” (bangsa yang merdeka dan membangun ekonomi sejak akhir Perang Dunia II), mayoritas bangsa Indonesia sampai sekarang masih terpengaruh (menganut) “budaya” Timur, budaya status orientation. Budaya status orientation bercirikan: semangat hidupunya mengejar pangkat, kedudukan, status (dengan simbol-simbol sosial); etos kerjanya lemah; senang bersantai-santai; tingkat disiplinnya rendah, kurang menghargai waktu (jam karet). Lawannya “budaya” barat, budaya achievement orientation dengan ciri-ciri sebaliknya.
· Budaya status orientationn tidak produktif, konsumtif, suka pamer dan mudah memicu kecemburuan sosial.
· Politik : sebelum kolonialis Belanda datang, bangsa Indonesia hidup di bawah kekuasaan raja-raja. Ratusan tahun bangsa Indonesia hidup di bawah pengaruh feodalisme dan kolonialisme. Ciri utama feodalisme antara lain adalah kultus individu (raja selalu diagungkan). Ciri utama kolonialisme antara lain adalah otoriter (laksana tuan terhadap budak).
· Sisa-sisa pengaruh feodalisme (kultus individu) dan pengaruh kolonialisme (otiriter) sampai sekarang belum terkikis habis. Hal ini sangat terasa pada percaturan dan pergolakan politik di Indonesia. Perilaku yang kurang demokratis dari para elit politik dan perilaku kurang menghargai HAM dari para penguasa, menghambat kelancaran proses demokratisasi politik di Indonesia. Pada gilirannya hal ini menghambat terciptanya demokrasi ekonomi.
· Dari uraian pengaruh faktor-faktor di atas dapat disimulkan bahwa perekonomian Indonesia mengandung tiga potensi kerawanan.
· Tiga potensi kerawanan yang menjadi karakteristik perekonomian Indonesia adalah:
1) Potensi rawann kesenjangan, terutama kesenjangan antara daerah (pulau). Hal ini terutama sebagai akibat pengaruh faktor geografi.
2) Potensi rawan kemiskinan, terutama kemiskinan di darah pedesaan. Hal ini terutama sebagai akibat pengaruh faktor demografi dan faktor budaya.
3) Potensi rawan perpecahan, terutama perpecahan antar suku, antar golongan (elit) politik. Hal ini terutama sebagai akibat pengaruh faktor sosial-politik..




B. Identifikasi masalah.
Berdasarkan Latar Belakang diatas penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
Mengenal Indonesia
Potensi Indonesia daari segi Ekonomi
Perkembangan Indonesia daru segi ekonomi

C. Pembatasan Masalah.
Penelitian dibatasi pada kebutuhan kebutuhan kebanyakan orang yang berbeda-beda pada dasarnya .

D. Tujuan Penelitian.
Kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan yang di alami Indonesia dari segi ekonomi. apa yang di banggakan Indonesia dari segi ekonominya tersebut .

E.Manfaat Penelitian.

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai Aku bangga indonesia dari segi Ekonomi dengan baik benar sesuai yang kita harapkan .





BAB II
LANDASAN TEORI

Perekonomian Indonesia ini mempelajari mengenai apa,bagaimana Indonesia dari segi ekonominya. Saat ini Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dari aspek perekonomiannya. Banyak peningkatan yang di lihat sangat jauh lebih baik dari segi ekonomi untuk masyarakat dari pada tahun-tahun sebelumnya yang mengalami keterpurukan. Saat in i Indonesia mulai membenah diri dari aspek ekonominya untuk kmeningkatkan memakmuran dan kesejahteran masyarakat Indonesia agar memperkecil tingkat pengangguran dan memanfaatkan sumber daya alam ataupun sumber daya manusiannya. Dan saya bangga akan perekonomian Indonesia yang saat ini mengalami kenaikan yang memberi dampak positif bagi masyarakat Indonesia ini.








BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Dalam penulisan makalah ini, metode yang dilakukan adalah metode sebagai berikut :
Melalui Media Internet.

Mencari bahan materi tentang Perekonomian Indonesia melalui internet dengan cara membuka situs www.google.com


Tempat dan Waktu Penelitian.

Tempat : Kampus Gunadarma, dirumah, diwarnet













BAB IV
PEMBAHASAN


Indonesia terdiri dari beberapa daerah yang berkepulauan. Indonesia memiliki daya tarik tersendiri dari segi perekonomiannya, yaitu dari segi sumber daya alamnya yang dapat di manfaatkan oleh masyarakatnya untuk menciptakan suatu lapangan kerja baru atu usah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk masyarakatnya.
Saat ini Indonesia menjadi negara yang berkembang dimata dunia dari bermacam aspeknya. Dan saat ini perekonomian Indonesia mulai memperlihatkan peningkatan-peningkatan yang sebelumnya mengalami keterpurukan dari orde-orde sebelumnya.
Saat ini Indonesia pun terbuka akan kerjasama-kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara lain, hal itu pun untuk meningkatkan pendapatan perkapita negara. Dan sedangkan yang untuk di dalam negeri, masyarakatnya pun mulai membenah diri untuk menciptakan suatu lapangan kerja dengan membuka usaha kecil-kecilan yang biasa disebut home industri agar memperkecil tingkat pengangguran yang berada di Indonesia ini.
Banyaknya hal yang mendukung tingkat perekonomian Indonesia ini membuat Indonesia sekarang menjadi meningkat salah satunya dari segi ekonominya.sedikit-sedikit utang Indonesia mulai berkurang terhadap luar negeri. Dan saat Indonesia mulai membenahi dengan meningkatkan Instruktur-instruktur atau fasilitas-fasilitas yang mendukung berjalannya perekonomian ini.




BAB V
KESIMPULAN
Negara Indonesia adalah negara yang memiliki daerah yang strategis. Indonesia pun kaya akan sumber daya alam dan bermacam-macam ragam Budaya yang berada di Indonesia ini. Indonesia itu terdiri atas beberapa pulau yang memiliki sumber daya alam yang berpotensi amat besar atau sangat berpengaruh besar bagi perekonomian Indonesia itu sendiri.
Dari segi ekonomi contoh kecilnya saja, yaitu dari hasil lautnya memiliki potensi yang cukup besar akan hasil frola laut dan tumbuh karang yang berada di dalam lautnya. Dan bisa menjadi objek wisata yang menhasilkan pendapatan bagi masyarakat di sekitarnya.Lalu dari hasil yang berada di daratnya tersebut, contohnya saja perkebunan yang di kelola oleh masyarakat di daerah-daerah yang berada di Indonesia yang juga menghasilkan pertumbuhan perkapita daerahnya meningkat.Dan di Indonesia saat ini banyak pabrik-pabrik yang memproduksi,perusahaan-perusahan yang di kelola secara efektif dan adanya usaha indutri rumah tangga yamg di kelola oleh masyarakat-masyarakat i Indonesia.
Saat ini Indonesia menjadi negara yang bekembang di mata Dunia. Karena Indonesia saat ini mengalami peningkatan-peningkatan yang cukup berpengaruh dari berbagai aspek-aspek,salah satunya dari segi Ekonominya. Dan saya bangga indonesia dari segi ekonomi yang mengalami peningkatan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.






BAB VI
PENUTUP


Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini,tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya,karena keterbatasannya pengetahuan dan kuurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman memberikan kritik dan saran yang membangun pada penulis. Demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan- kesempatan berikutnya.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis dan khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.





DAFTAR PUSTAKA
www.google.com

1 komentar:

  1. Berguna banget nih infonya gan, tapi yang saya keluhkan adalah warna dari tulisannya, mengapa?, karena saya sulit membaca kalau warna tulisannya hampir sama dengan backgroundnya. Tolong diganti yaa, jangan lupa kunjungi blog saya juga di http://wangvictorariyana.blogspot.com/

    BalasHapus